logo

PA BOJONEGORO MELAKUKAN PRESENTASI DESK EVALUASI ZONA INTEGRITAS SECARA VIRTUAL MENUJU WBK dan WBBM

Setelah melalui proses dan tahapan satu-persatu dalam mempersiapkan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di Pengadilan Agama Bojonegoro, akhirnya sampailah ke tahap
PA BOJONEGORO MELAKUKAN PRESENTASI DESK EVALUASI ZONA INTEGRITAS SECARA VIRTUAL MENUJU WBK dan WBBM

SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG Assalaamualaikum Wr. Wb. Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Bojonegoro. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi
SELAMAT DATANG

PENGADILAN AGAMA BOJONEGORO TOLAK GRATIFIKASI

  Dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 17 Tahun 2019 tanggal 7 Oktober 2019 tentang Pembuatan Audio Peringatan Perilaku Gratifikasi
PENGADILAN AGAMA BOJONEGORO TOLAK GRATIFIKASI

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Gugatan Mandiri

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.

WA

Melalui Chat Via Wahtsapp, anda dapat bertanya apapun tentang pelayanan, dan juga dapat lapor jika salahsatu darikami melakukan tindakan diluar prosedur perkara

aco

Memberikan informasi terkait proses perkara kepada pihak berdasarkan permintaan dari para pihak

Data Saksi

Aplikasi data saksi berguna untuk menginfokan data saksi yang akan dihadirkan di persidangan, Membantu percepatan penyelesaian perkara;

CEK AKTA CERAI

Cek status akta cerai apakah sudah siap diambil atau masih proses

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 14

CERAI KOK DIPERMUDAH

Oleh : Sandhy Sugijanto, S.E,S.H

Terkadang judul diatas menimbulkan tanda Tanya, apa benarnya? Hal ini sering saya dengar dari perangkat desa dan perangkat kelurahan setiap dari datang ke balai desa untuk meminta tanda tangan Kades/ Lurah di relaas yang saya bawa.

Terkadang saat saya memposting di social media/ WA tentang perkembangan Pengadilan Agama Bojonegoro, khususnya saat saya posting adanya inovasi layanan yang baru pasti masyarakat/ perangkat desa pasti memberikan komentar, “Cerai kok dipermudah”.

Kemudian saya berdiskusi dengan pimpinan, hakim, Panmud, rekan-rekan PP dan Jurusita serta petugas PTSP, kemudian timbul kesimpulan awal apa karena kita punya banyak aplikasi dan punya banyak inovasi yang seakan memberikan fasilitas dan mempermudah masyarakat untuk cerai ya. Atau itu bukti keberhasilan PA Bojonegoro dalam memberikan pelayanan prima sehingga masyarakat mempunyai opini seperti itu. 

Karena memang PA Bojonegoro sejak melaksanakan Akreditasi Penjaminan Mutu dan mengimplementasikan Zona Integritas, sehingga semua insan di PA Bojonegoro seakan berlomba dengan PA lain untuk melaksanakan Surat edaran sekretaris mahkamah agung RI nomor 1188/SEK/KS.00/09/2018 tanggal                                  17 September 2018, tentang peningkatan pelayanan yang prima dan berkualitas pada peradilan. Dimana pada endingnya banyak inovasi-inovasi baru yang memanjangkan dan menawarkan kemudahan kepada masyarakat pencari keadilan dalam tahapan persidangan maupun layanan produk-produk pengadilan.

Perlu diketahui bahwa PA Bojonegoro dalam proses bisnisnya atau pada core bisnisnya yaitu persidangan juga masih istiqomah melaksanakan Keputusan Ketua MA nomor KMA/032/SK/IV/2006, tentang pemberlakukan buku II pedoman pelaksanaan dan tugas administrasi peradilan.

Dan juga dalam salah satu tahapan persidangan pun PA Bojonegoro juga menerapkan ketentuan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan bahwa pada hari sidang yang telah ditentukan dan dihadiri Para Pihak maka Para Pihak wajib menempuh proses mediasi. Dimana menepis anggapan dari masyarakat bahwa jika mengajukan perkara di PA Bojonegoro pasti putus, padahal PA Bojonegoro juga wajib melakukan penasehatan bahkan saat didalam sidang atau setiap sidang pun majelis hakim masih berusaha untuk merayu masyarakat/para pihak untuk tidak bercerai atau supaya rukun kembali.

Tetapi memang, dalam masalah rumah tangga yang pada akhirnya diajukan di PA Bojonegoro untuk bercerai adalah langkah terakhir, dimana sebenarnya sudah dilakukan mediasi oleh keluarga besar para pihak dan bahkan ada beberapa perangkat desa yang menjadi mediator untuk menyelesaikan masalah keluarga tersebut.

Jika disimpulkan bahwa posisi PA Bojonegoro bagaikan 2 mata pisau, jika memberikan pelayanan prima kepada masyarakat seakan mempermudah perceraian bahkan dengan banyaknya inovasi, yang terbaru inovasi APLIKASI DATA SAKSI dimana data saksi bisa dikirim online 24 jam. Dan pada sisi lain dimana PA Bojonegoro juga menerapkan hukum acara sesuai dengan peraturan yang ada dan implementasi buku II seakan mempersulit para pihak untuk bercerai karena kurang pahamnya para pihak/Masyarakat dalam beracara di PA Bojonegoro.

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bojonegoro Klas IA

Jalan MH. Thamrin No.88
Bojonegoro,
Jawa Timur

(0353) 881235

(0353) 892229

pabojonegoro@gmail.com