logo

KETUA PA BOJONEGORO SIDAK IMPLEMENTASI INOVASI UNGGULAN PTSP ONLINE DISKA DAN ISBAT

Bertempat di ruang PTSP pengadilan Agama Bojonegoro, pada hari Senin, tanggal 25 Maretr 2024 pukul 15.15 WIB, Ketua PA Bojonegoro melakukan sidak untuk memonitoring pemanfaatan
KETUA PA BOJONEGORO SIDAK IMPLEMENTASI INOVASI UNGGULAN PTSP ONLINE DISKA DAN ISBAT

Kaleidoskop Pengadilan Agama Bojonegoro Meraih predikat WBK

Kaleidoskop Pengadilan Agama Bojonegoro Meraih predikat WBK

Ucapan Terima Kasih dan Penghargaan Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama

Ucapan Terima Kasih dan Penghargaan Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama

BERHASIL DAMAI LAGI

BERHASIL DAMAI LAGI!!!!!!! PENYELESAIAN IDEAL, ANAK MENDAPATKAN BAGIAN HARTA BERSAMA Bertempat di kantor Pengadilan Agama Bojonegoro, pada hari Kamis, 23 Nopember 2023, Haki
BERHASIL DAMAI LAGI

FAQ-IH

Dalam suatu website, FAQ adalah hal umum disediakan untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi. Kepanjangan FAQ-IH adalah Frequently Asked Questions dan Informasi Humas
FAQ-IH

Biaya Perkara

SIPP

Jadwal Sidang

SIWAS

e-court

Gugatan Mandiri

WA

aco

PTSP Online

CEK AKTA CERAI

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 720

CERAI KOK DIPERMUDAH

Oleh : Sandhy Sugijanto, S.E,S.H

Terkadang judul diatas menimbulkan tanda Tanya, apa benarnya? Hal ini sering saya dengar dari perangkat desa dan perangkat kelurahan setiap dari datang ke balai desa untuk meminta tanda tangan Kades/ Lurah di relaas yang saya bawa.

Terkadang saat saya memposting di social media/ WA tentang perkembangan Pengadilan Agama Bojonegoro, khususnya saat saya posting adanya inovasi layanan yang baru pasti masyarakat/ perangkat desa pasti memberikan komentar, “Cerai kok dipermudah”.

Kemudian saya berdiskusi dengan pimpinan, hakim, Panmud, rekan-rekan PP dan Jurusita serta petugas PTSP, kemudian timbul kesimpulan awal apa karena kita punya banyak aplikasi dan punya banyak inovasi yang seakan memberikan fasilitas dan mempermudah masyarakat untuk cerai ya. Atau itu bukti keberhasilan PA Bojonegoro dalam memberikan pelayanan prima sehingga masyarakat mempunyai opini seperti itu. 

Karena memang PA Bojonegoro sejak melaksanakan Akreditasi Penjaminan Mutu dan mengimplementasikan Zona Integritas, sehingga semua insan di PA Bojonegoro seakan berlomba dengan PA lain untuk melaksanakan Surat edaran sekretaris mahkamah agung RI nomor 1188/SEK/KS.00/09/2018 tanggal                                  17 September 2018, tentang peningkatan pelayanan yang prima dan berkualitas pada peradilan. Dimana pada endingnya banyak inovasi-inovasi baru yang memanjangkan dan menawarkan kemudahan kepada masyarakat pencari keadilan dalam tahapan persidangan maupun layanan produk-produk pengadilan.

Perlu diketahui bahwa PA Bojonegoro dalam proses bisnisnya atau pada core bisnisnya yaitu persidangan juga masih istiqomah melaksanakan Keputusan Ketua MA nomor KMA/032/SK/IV/2006, tentang pemberlakukan buku II pedoman pelaksanaan dan tugas administrasi peradilan.

Dan juga dalam salah satu tahapan persidangan pun PA Bojonegoro juga menerapkan ketentuan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan bahwa pada hari sidang yang telah ditentukan dan dihadiri Para Pihak maka Para Pihak wajib menempuh proses mediasi. Dimana menepis anggapan dari masyarakat bahwa jika mengajukan perkara di PA Bojonegoro pasti putus, padahal PA Bojonegoro juga wajib melakukan penasehatan bahkan saat didalam sidang atau setiap sidang pun majelis hakim masih berusaha untuk merayu masyarakat/para pihak untuk tidak bercerai atau supaya rukun kembali.

Tetapi memang, dalam masalah rumah tangga yang pada akhirnya diajukan di PA Bojonegoro untuk bercerai adalah langkah terakhir, dimana sebenarnya sudah dilakukan mediasi oleh keluarga besar para pihak dan bahkan ada beberapa perangkat desa yang menjadi mediator untuk menyelesaikan masalah keluarga tersebut.

Jika disimpulkan bahwa posisi PA Bojonegoro bagaikan 2 mata pisau, jika memberikan pelayanan prima kepada masyarakat seakan mempermudah perceraian bahkan dengan banyaknya inovasi, yang terbaru inovasi APLIKASI DATA SAKSI dimana data saksi bisa dikirim online 24 jam. Dan pada sisi lain dimana PA Bojonegoro juga menerapkan hukum acara sesuai dengan peraturan yang ada dan implementasi buku II seakan mempersulit para pihak untuk bercerai karena kurang pahamnya para pihak/Masyarakat dalam beracara di PA Bojonegoro.

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bojonegoro Klas IA

Jalan MH. Thamrin No.88
Bojonegoro,
Jawa Timur
game slot gacor
pola slot mahjong
akun slot mahjong
rtp live slot

(0353) 881235

(0353) 892229

pabojonegoro@gmail.com