logo

PECAH REKOR LAGI

Rabu 25 Mei 2022, terlihat hiruk-pikuk antrean yang memanjang di halaman Pengadilan Agama Bojonegoro pagi ini. Hal ini dikarenakan jadwal sidang hari Kamis dialihkan menjadi ha
PECAH REKOR LAGI

PROGRAM PRIORITAS

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan 8 (Delapan) program prioritas Tahun 2022
PROGRAM PRIORITAS

Langit Cerah Hadir di PA Bojonegoro

Layanan publik terbaru yang  merupakan inovasi Pengadilan Agama Bojonegoro diberi nama LANGIT CERAH ( Layanan Pengiriman Akta cerai sampai Rumah) adalah layanan yang cukup
Langit Cerah Hadir di PA Bojonegoro

PA Bojonegoro Tolak Gratifikasi

Dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 17 Tahun 2019 tanggal 7 Oktober 2019 tentang Pembuatan Audio Peringatan Perilaku Gratifikasi maka pa
PA Bojonegoro Tolak Gratifikasi

Biaya Perkara

SIPP

Jadwal Sidang

SIWAS

e-court

Gugatan Mandiri

WA

aco

Data Saksi

CEK AKTA CERAI

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 252

2551 Perkara Pengajuan Perceraian di Bojonegoro Kebanyakan Istri Gugat Cerai

SuaraBanyuurip.com -  Joko Kuncoro

Bojonegoro - Sebanyak 2.551 perkara pengajuan perceraian di Pengadilan Agama (PA) Bojonegoro, Jawa Timur hingga November 2021 ini.

Panitera Pengadilan Agama (PA) Bojonegoro Sholikin Jamik mengatakan, angka perceraian mulai Januari hingga akhir November 2021 mencapai 2.551 perkara. Namun, rata-rata jumlah pengajuan itu didominasi dari perempuan mengajukan cerai gugat.

“Yakni dari 2.551 perkara perceraian itu terdiri dari 1.813 cerai gugat dan 738 cerai talak," katanya, Rabu (8/12/2021).

Dia mengatakan, banyaknya pengajuan perceraian karena faktor ekonomi, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), rendahnya pendidikan, perselingkuhan hingga kurang puas di ranjang. Juga, perceraian bisa terjadi akibat penggunaan alat komunikasi yang kurang tepat dan pengaruh media sosial (medsos) yang memicu perselingkuhan.

“Tapi faktor terbesar tetap ekonomi. Karena sulitnya mendapatkan pekerjaan dan juga penggangguran mencapai 59 persen jadi penyebab terjadinya perceraian,” jelas Sholikin Jamik.

Dia menambahkan, jika dipresentasekan kasus perselingkuhan mencapai 24 persen hal ini disebabkan karena pengaruh handphone. Dan 14 persen kasus perceraian juga terjadi pada TKI/TKW sisanya 3 persen akibat ketidakpuasan di ranjang.(jk)

Sumber : https://suarabanyuurip.com/kabar/baca/2-551-perkara-pengajuan-perceraian-di-bojonegoro-kebanyakan-istri-gugat-cerai

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bojonegoro Klas IA

Jalan MH. Thamrin No.88
Bojonegoro,
Jawa Timur

(0353) 881235

(0353) 892229

pabojonegoro@gmail.com