logo

Kaleidoskop Pengadilan Agama Bojonegoro Meraih predikat WBK

Kaleidoskop Pengadilan Agama Bojonegoro Meraih predikat WBK

Ucapan Terima Kasih dan Penghargaan Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama

Ucapan Terima Kasih dan Penghargaan Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama

BERHASIL DAMAI LAGI

BERHASIL DAMAI LAGI!!!!!!! PENYELESAIAN IDEAL, ANAK MENDAPATKAN BAGIAN HARTA BERSAMA Bertempat di kantor Pengadilan Agama Bojonegoro, pada hari Kamis, 23 Nopember 2023, Haki
BERHASIL DAMAI LAGI

FAQ-IH

Dalam suatu website, FAQ adalah hal umum disediakan untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi. Kepanjangan FAQ-IH adalah Frequently Asked Questions dan Informasi Humas
FAQ-IH

Diska Bojonegoro Rangking 7 PDA Gercep Teken MoU

Diska Bojonegoro Rangking 7, PDA Gercep Teken MoU. PDA Bojonegoro melakukan penandatanganan MoU dengan Pengadilan Agama untuk Pencegahan Dispensasi Nikah Anak (Istimewa/PWMU.CO
Diska Bojonegoro Rangking 7 PDA Gercep Teken MoU

Biaya Perkara

SIPP

Jadwal Sidang

SIWAS

e-court

Gugatan Mandiri

WA

aco

PTSP Online

CEK AKTA CERAI

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 282

Beralasan Takut Zina 123 Anak di Bojonegoro Nikah Dini

 

Ilustrasi Nikah Dini (AINUR OCHIEM/RADAR BOJONEGORO)

Ilustrasi Nikah Dini (AINUR OCHIEM/RADAR BOJONEGORO)

BOJONEGORORadar Bojonegoro - Menghindari zina menjadi faktor terbanyak anak mengajukan dispensasi kawin (diska) di Bojonegoro. Penyebabnya, orang tua merasa khawatir karena anaknya melakukan pacaran dengan berlebihan dan sulit dipisahkan.

Namun, kalangan aktivis menganggap itu bukan solusi. Sebaliknya, akan menambah persoalan baru.

Berdasar data dari Pengadilan Agama (PA) Bojonegoro, faktor terbanyak kedua pengajuan diska setelah faktor menghindari zina. Yakni, faktor budaya terdapat sebanyak 92 perkara. Selanjutnya, 85 perkara karena anak hamil diluar nikah, 76 perkara karena berbuat zina, dan 36 perkara anak mengajukan diska karena faktor putus sekolah.

Kemudian, terdapat 33 perkara karena faktor ekonomi dan satu perkara anak mengajukan diska karena sudah menikah siri. Sisanya karena faktor lain-lain.

Panitera Pengadilan Agama (PA) Bojonegoro Sholikin Jamik mengatakan, terdapat sebanyak 448 perkara pengajuan diska di Bojonegoro. Terbanyak karena faktor menghindari zina, yakni 123 perkara. Penyebabnya, anak-anak melakukan pacaran yang sulit dipisahkan. Sehingga, membuat orang tua takut kalau anak tersebut berbuat zina. ‘’Sedangkan, untuk faktor budaya ini disebabkan oleh orang tua menjodohkan anaknya karena takut menjadi perawan tua. Atau menikahkan di malam songo yang dianggap baik,’’ paparnya.

Koordinator Aliansi Perempuan dan Anak (APPA) Bojonegoro Nafidatul Himah mengatakan, dilihat dari alasan pengajuan diska untuk menghindari zina. Seolah orang tua ingin melepas tanggung jawabnya dengan menikahkan anak karena terlanjur pacaran terlalu jauh, takut berbuat zina. Mereka menganggap dengan menikahkan anak merupakan solusi yang tepat.

‘’Saya melihat ini merupakan bentuk pelemparan tanggung jawab orang tua kepada anak. Padahal, anak-anak ini masih di bawah umur yang seharusnya menjadi tanggung jawab orang tua untuk mendidik dan membina,’’ ujarnya.

Solusi dari permasalahan ini, menurut Hima, yakni pemerintah harus hadir. Misalnya, kerja sama dengan kelompok jemaah tahlil, datang dan mensosialisasikan terkait diska. Dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana (DP3AKB) juga memiliki sumber daya manusia (SDM) untuk mensosialisasikan hal tersebut.

Presidium Wilayah Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Jawa Timur tersebut melanjutkan, perlu dilakukan penyadaran kepada orang tua, bahwa anak ini masih menjadi tanggung jawabnya.

Mengingat, dalam pernikahan anak, andil orang tua cukup besar. ‘’Alasannya cukup miris, seolah orang tua melepas tanggung jawabnya. Seharusnya, mendidik anak agar tidak pacaran terlalu jauh. Bukan malah menikahkannya,’’ kritiknya. (ewi/msu)

Sumber : https://radarbojonegoro.jawapos.com/daerah/713702932/beralasan-takut-zina-123-anak-di-bojonegoro-nikah-dini

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bojonegoro Klas IA

Jalan MH. Thamrin No.88
Bojonegoro,
Jawa Timur
rtp slot gacor
rumus slot olympus pola slot mahjong slot starlight superwin

(0353) 881235

(0353) 892229

pabojonegoro@gmail.com