logo

KETUA PA BOJONEGORO SIDAK IMPLEMENTASI INOVASI UNGGULAN PTSP ONLINE DISKA DAN ISBAT

Bertempat di ruang PTSP pengadilan Agama Bojonegoro, pada hari Senin, tanggal 25 Maretr 2024 pukul 15.15 WIB, Ketua PA Bojonegoro melakukan sidak untuk memonitoring pemanfaatan
KETUA PA BOJONEGORO SIDAK IMPLEMENTASI INOVASI UNGGULAN PTSP ONLINE DISKA DAN ISBAT

Kaleidoskop Pengadilan Agama Bojonegoro Meraih predikat WBK

Kaleidoskop Pengadilan Agama Bojonegoro Meraih predikat WBK

Ucapan Terima Kasih dan Penghargaan Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama

Ucapan Terima Kasih dan Penghargaan Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama

BERHASIL DAMAI LAGI

BERHASIL DAMAI LAGI!!!!!!! PENYELESAIAN IDEAL, ANAK MENDAPATKAN BAGIAN HARTA BERSAMA Bertempat di kantor Pengadilan Agama Bojonegoro, pada hari Kamis, 23 Nopember 2023, Haki
BERHASIL DAMAI LAGI

FAQ-IH

Dalam suatu website, FAQ adalah hal umum disediakan untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi. Kepanjangan FAQ-IH adalah Frequently Asked Questions dan Informasi Humas
FAQ-IH

Biaya Perkara

SIPP

Jadwal Sidang

SIWAS

e-court

Gugatan Mandiri

WA

aco

PTSP Online

CEK AKTA CERAI

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 108

Hamil Duluan Faktor Ratusan Anak di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah

Suasana pendaftaran perkara pengadilan Agama Kabupaten Bojonegoro.

KabarBaik.co – Ratusan anak yang masih di bawah umur melakukan pengajuan Dispenasasi Nikah (DISPA) di Kabupaten Bojonegoro. Sedikitnya 133 pengajuan. 17 di antaranya hamil di luar nikah.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Panitera Pengadilan Agama Kabupaten Bojonegoro Sholikin Jamik. Ia mengatakan, surat pengajuan Diska tersebut untuk melegalkan pernikahan agar sah di mata hukum negara dan agama.

“Awal tahun ini, Pengadilan Agama Kabupaten Bojonegoro telah menerima sebanyak 133 pengajuan Diska.17 di antaranya adalah hamil di luar nikah dan termuda berusia 15 tahun,” jelas Solikin.

Dijelaskan, beberapa hari terakhir telah menerima pengajuan dispensasi pernikahan dini (DISKA) anak laki-laki usia 15 tahun dengan pasangan berusia 16 tahun.

Kedua pengantin tersebut adalah NA, 15 tahun lulusan SD dan KAE, 16 tahun, yang hingga kini masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Bojonegoro.

Alasan kedua orang tua dari sepasang pengantin dalam mengajukan Diska ke pengadilan agama, karena KAE telah hamil di luar nikah, sehingga pengajuan Diska ke pengadilan Agama Bojonegoro dikabulkan.

“Pasangan Laki-laki hanya lulusan SD dan tahun kelahirannya 2009. Sementara, perempuan lulusan SMP dan tahun kelahiran 2010 dengan alasan mempelai perempuan telah hamil,” tukas Solikin Jamik, Kamis (1/5).

Ia menambahkan, persoalan ini harus diperhatikan oleh orang tua dan pemerintah daerah. Ekonomi, pendidikan hingga lingkungan menjadi faktor utama adanya kondisi seperti ini. Sehingga, peran orang tua dan pemerintah serta guru agama sangat penting dalam permasalahan ini.

“Untuk orang tua, pergaulan anak harus selalu diperhatikan apalagi yang mempunyai anak perempuan. Sedangkan pemerintah, perlu peningkatan kualitas pendidikan dan ekonomi sangat penting. Terutama untuk mengurangi angka diska,” tutupnya.(*)

Sumber : https://kabarbaik.co/hamil-duluan-faktor-ratusan-anak-di-bojonegoro-ajukan-dispensasi-nikah/

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bojonegoro Klas IA

Jalan MH. Thamrin No.88
Bojonegoro,
Jawa Timur


(0353) 881235

(0353) 892229

pabojonegoro@gmail.com