logo

PA BOJONEGORO MELAKUKAN PRESENTASI DESK EVALUASI ZONA INTEGRITAS SECARA VIRTUAL MENUJU WBK dan WBBM

Setelah melalui proses dan tahapan satu-persatu dalam mempersiapkan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di Pengadilan Agama Bojonegoro, akhirnya sampailah ke tahap
PA BOJONEGORO MELAKUKAN PRESENTASI DESK EVALUASI ZONA INTEGRITAS SECARA VIRTUAL MENUJU WBK dan WBBM

SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG Assalaamualaikum Wr. Wb. Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Bojonegoro. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi
SELAMAT DATANG

PENGADILAN AGAMA BOJONEGORO TOLAK GRATIFIKASI

  Dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 17 Tahun 2019 tanggal 7 Oktober 2019 tentang Pembuatan Audio Peringatan Perilaku Gratifikasi
PENGADILAN AGAMA BOJONEGORO TOLAK GRATIFIKASI

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Gugatan Mandiri

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.

WA

Melalui Chat Via Wahtsapp, anda dapat bertanya apapun tentang pelayanan, dan juga dapat lapor jika salahsatu darikami melakukan tindakan diluar prosedur perkara

aco

Memberikan informasi terkait proses perkara kepada pihak berdasarkan permintaan dari para pihak

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 1124

PELAKSANAAN RUKYATUL HILAL DAN ITSBAT AWAL RAMADHAN 1440 H DI BOJONEGORO JAWA TIMUR

Bojonegoro  | www.pa-bojoegoro.go.id

Tahun ini, Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) dan Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro   melaksanakan rukyatul hilal  di lokasi rukyat yang sudah ditentukan, yaitu di Bukit Wonocolo (dikenal juga Teksas Wonocolo) Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur pada hari Ahad, tanggal 5 Mei 2019 yang bertepatan dengan tanggal 29 Sya’ban 1440 H.

Pelaksanaan  rukyatul hilal  dihadiri  oleh beberapa lembaga dan instansi terkait serta Ormas Islam seperti Pemkab Bojonegoro, Pengadilan Agama Bojonegoro, KUA, MUI, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama, Pimpinan  Daerah Muhammadiyah, bahkan ada  perwakilan dari Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi  serta  puluhan mahasiswa STAI Muhammad, Cepu, Kabupaten Blora Jawa Tengah yang sedang praktek berkenaan dengan rukyat hilal dan ada sekitar 50 tamu undangan.

Bahkan, istimewanya, juga dihadiri  oleh perwakilan dari Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung RI dan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Surabaya, yang memantau langsung pelaksanaan rukyatul hilal kali ini.

Pengadilan Agama Bojonegoro  diwakili oleh Bapak Drs. Muhajir,SH.,M.Hum (Wakil Ketua), Ibu Yeti Rianawati SH.,MH. (Sekrertaris), Bapak Drs. H. Moch. Bahrul Ulum, M.H, (Hakim), Drs. M. Nur Wachid (Panitera Muda Hukum). Juga dihadiri oleh para Calon Hakim yang sedang magang di Pengadilan Agama Bojonegoro.

Data astronomi   dari  tim Badan Hisab dan Rukyat (BHR) dan Kemenag Bojonegoro menyebutkan,  akhir bulan sya'ban 1440 H pada Minggu (5/5/19) pukul 05.45 WIB, sedangkan matahari terbenam pada pukul 17.27 WIB. Ketika matahari terbenam, posisi hilal berada pada ketinggian 5 derajat 43 menit.  

Kegiatan  ini merupakan  tindak lanjut dari permohonan itsbat kesaksian rukyatul hilal yang diajukan oleh Pemohon, Bapak Drs. H. M. Syamsuri, M. Pd.,   selaku Kepala Kemenag Kabupaten Bojonegoro yang terdaftar dalam register perkara Pengadilan Agama Bojonegoro  tanggal 30 April 2019 dengan nomor 1/Isbat.RH/2019/PA.Bjn.

Merujuk pada Pasal 52A Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama,   bahwa  : “Pengadilan Agama memberikan itsbat kesaksian rukyat hilal dalam penentuan awal  bulan pada tahun hijriyah”.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh perwakilan Kemenag Kabupaten Bojonegoro, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa serta penjelasan singkat terkait dengan prosesi   rukyatul hilal.

Pada pukul 17.20 WIB, tim  rukyat hilal Kemenag mengambil posisi yang telah ditentukan dan melaksanakan kegiatan utama dari rangkaian acara tersebut.    Pelaksanaan rukyat  tersebut dinyatakan berakhir setelah 3 orang saksi yang  menyatakan melihat hilal:

  1. H. Moch. Zuhri,  dari  Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Bojonegoro ;
  2. Drs. H. M. Syamsuri, M. Pd.,   Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro;
  3. Burhanuddin Affandi,  dari Mahasiswa STAI  Muhammad, Cepu  Kabupaten Blora. 

Selanjutnya Pengadilan Agama Bojonegoro melaksanakan sidang Itsbat Rukyat Hilal di lokasi tersebut yang dipimpin oleh Hakim dari Pengadilan Agama Bojonegoro, Bapak Drs. H. Moch Bahrul Ulum, M.H. dan dibantu oleh Drs. M. Nur Wahid, sebagai Panitera Pengganti,   berdasarkan  penetapan Ketua Pengadilan Agama Bojonegoro  tanggal 1 Mei 2019.

Dalam sidang tersebut, para saksi telah mengangkat sumpah dihadapan sidang atas pernyataannya terkait kesaksian melihat hilal.

Sidang diakhiri dengan pembacaan Penetapan atas kesaksian  rukyatul hilal oleh Hakim.

Selama persidangan berlangsung, para undangan  sangat antusias menyaksikan persidangan itsbat rukyat hilal ramadhan kali ini.  

Selamat menunaikan Ibadah puasa Ramadhan 1440 H, semoga mendapat ridho Allah dan menjadi orang yang bertaqwa.   

(Tim redaksi/IT PA.Bjn)

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bojonegoro Klas IA

Jalan MH. Thamrin No.88
Bojonegoro,
Jawa Timur

(0353) 881235

(0353) 892229

pabojonegoro@gmail.com