logo

PECAH REKOR LAGI

Rabu 25 Mei 2022, terlihat hiruk-pikuk antrean yang memanjang di halaman Pengadilan Agama Bojonegoro pagi ini. Hal ini dikarenakan jadwal sidang hari Kamis dialihkan menjadi ha
PECAH REKOR LAGI

PROGRAM PRIORITAS

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan 8 (Delapan) program prioritas Tahun 2022
PROGRAM PRIORITAS

Langit Cerah Hadir di PA Bojonegoro

Layanan publik terbaru yang  merupakan inovasi Pengadilan Agama Bojonegoro diberi nama LANGIT CERAH ( Layanan Pengiriman Akta cerai sampai Rumah) adalah layanan yang cukup
Langit Cerah Hadir di PA Bojonegoro

PA Bojonegoro Tolak Gratifikasi

Dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 17 Tahun 2019 tanggal 7 Oktober 2019 tentang Pembuatan Audio Peringatan Perilaku Gratifikasi maka pa
PA Bojonegoro Tolak Gratifikasi

Biaya Perkara

SIPP

Jadwal Sidang

SIWAS

e-court

Gugatan Mandiri

WA

aco

Data Saksi

CEK AKTA CERAI

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 58

Ramai ramai Istri Ajukan Gugatan Cerai Faktor Ekonomi Jadi Alasan

Ramai-ramai Istri Ajukan Gugatan Cerai, Faktor Ekonomi Jadi Alasan

 Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sepanjang bulan Januari hingga Juni 2022, berdasarkan data dari Pengadilan Agama (PA) Bojonegoro, 1.130 istri di Bojonegoro siap menjanda. Mereka melakukan gugatan cerai kepada suami mereka. 

Pengajuan gugatan cerai yang dilakukan para istri bukan tanpa alasan, menurut Ketua Panitera Pengadilan Agama Bojonegoro, Solikin Jamik, ribuan istri yang mengajukan gugatan cerai kepada suami disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya faktor tuntutan ekonomi hingga ketidakpuasan dalam ranjang saat berumah tangga. 

"Total dari bulan Januari hingga Juni ada 1.580 janda dan duda di Bojonegoro. Rinciannya 1.130 dari cerai gugat dan cerai talak sebanyak 450 pengajuan," tegas Solikin Jamik. 

Menurutnya, untuk gugatan cerai terbanyak sekitar bulan Januari yakni sebanyak 268, disusul bulan Mei sebanyak 231 gugatan. Sementara, untuk cerai talak terbanyak yakni bulan Mei sebanyak 103 gugatan. 

"Dari usia yang melakukan gugatan cerai terhadap suami. Didominasi usia di bawah 27 tahun, dimana merupakan usia yang masih muda dalam menjalani hubungan rumah tangga," tambahnya. 

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Bojonegoro, agar tidak mudah mengajukan gugatan perceraian. Sebab, dampak daripada perceraian sangat kompleks. Terutama menyangkut data banyaknya kenakalan remaja, kriminalitas diawali kondisi keluarga yang broken home. 

"Saya mengimbau kepada para masyarakat Bojonegoro, agar tidak mudah mengajukan perceraian. Memang dalam rumah tangga masalahnya sangat kompleks, tetapi alangkah baiknya dipikir kembali. Tentu semua menemukan solusinya," pungkasnya. [liz/lis]

Sumber : https://blokbojonegoro.com/2022/07/06/ramai-ramai-istri-ajukan-gugatan-cerai-faktor-ekonomi-jadi-alasan/?m=0

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bojonegoro Klas IA

Jalan MH. Thamrin No.88
Bojonegoro,
Jawa Timur

(0353) 881235

(0353) 892229

pabojonegoro@gmail.com