logo

KETUA PA BOJONEGORO SIDAK IMPLEMENTASI INOVASI UNGGULAN PTSP ONLINE DISKA DAN ISBAT

Bertempat di ruang PTSP pengadilan Agama Bojonegoro, pada hari Senin, tanggal 25 Maretr 2024 pukul 15.15 WIB, Ketua PA Bojonegoro melakukan sidak untuk memonitoring pemanfaatan
KETUA PA BOJONEGORO SIDAK IMPLEMENTASI INOVASI UNGGULAN PTSP ONLINE DISKA DAN ISBAT

Kaleidoskop Pengadilan Agama Bojonegoro Meraih predikat WBK

Kaleidoskop Pengadilan Agama Bojonegoro Meraih predikat WBK

Ucapan Terima Kasih dan Penghargaan Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama

Ucapan Terima Kasih dan Penghargaan Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama

BERHASIL DAMAI LAGI

BERHASIL DAMAI LAGI!!!!!!! PENYELESAIAN IDEAL, ANAK MENDAPATKAN BAGIAN HARTA BERSAMA Bertempat di kantor Pengadilan Agama Bojonegoro, pada hari Kamis, 23 Nopember 2023, Haki
BERHASIL DAMAI LAGI

FAQ-IH

Dalam suatu website, FAQ adalah hal umum disediakan untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi. Kepanjangan FAQ-IH adalah Frequently Asked Questions dan Informasi Humas
FAQ-IH

Biaya Perkara

SIPP

Jadwal Sidang

SIWAS

e-court

Gugatan Mandiri

WA

aco

PTSP Online

CEK AKTA CERAI

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 165

Ratusan Warga Ramai-Ramai Ajukan Cerai Usai Lebaran di Bojonegoro

https: img.okezone.com content 2024 04 23 519 2999394 ratusan-warga-ramai-ramai-ajukan-cerai-usai-lebaran-di-bojonegoro-9KPrYnSXux.jpgPerceraian di Bojonegoro, Jawa Timur meningkat drastis usai Lebaran. (Foto: iNews)

BOJONEGORO - Ratusan warga di Bojonegoro, Jawa Timur ramai-ramai mengajukan cerai ke pengadilan agama setempat. Hal ini dilakukan usai perayaan hari lebaran tahun ini.

Rata-rata yang mengajukan perkara gugatan cerai merupakan pekerja di luar daerah yang sedang pulang ke kampung halamannya.

Menurut data di kantor Pengadilan Agama Kabupaten Bojonegoro, tiga hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran, yakni antara tanggal 16 hingga 19 April 2024, tercatat ada sebanyak 134 perkara cerai yang diterima.

Jumlah itu melonjak tajam dibanding hari biasa, bahkan dalam sehari petugas bisa menerima lebih dari 50 perkas perkara, baik cerai gugat maupun cerai talak.

Sementara selama data Januari hingga April tahun ini, tercatat ada sebanyak 852 warga yang mengajukan cerai. Di antaranya 642 cerai gugat atau yang mengajukan pihak istri, serta 210 cerai talak atau yang mengajukan pihak suami.

Panitera Pengadilan Agama Bojonegoro Solikin Jamik mengatakan, jika jumlah perkara cerai meningkat dibanding 4 bulan pertama pada tahun 2023.

“Usai libur Lebaran jumlah perkara cerai selalu meningkat,” kata dia, Selasa (23/4/2024).

Menurutnya, hal itu terjadi akibat para penggugat merupakan para urban atau pekerja pabrik alias perantau di luar kota. Sehingga mereka pulang kampung sekalian mengajukan cerai ke pengadilan setelah sebelumnya ada masalah keluarga.

Sementara penyebab utama tingginya tingkat perceraian disebabkan masalah pendidikan, yang efeknya pada pola pikir hingga ekonomi dan kemiskinan.

Sumber : https://news.okezone.com/read/2024/04/23/519/2999394/ratusan-warga-ramai-ramai-ajukan-cerai-usai-lebaran-di-bojonegoro

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bojonegoro Klas IA

Jalan MH. Thamrin No.88
Bojonegoro,
Jawa Timur


(0353) 881235

(0353) 892229

pabojonegoro@gmail.com